POTENSI ZAKAT DI GARUT BESAR

24 Maret 2011

Penyerahan ZIS Card kepada Bupati Garut
Potensi ZIS di Kabupaten Garut cukup mengembirakan, khususnya zakat profesi PNS terdapat 12, 5 milyar, ucap Bupati Garut Aceng HM Fkri. Disaat pelantiakan pengurus BAZ (jumat/20/012/11).
Dasar perhitungannya , saat ini jumlah PNS di Kabupaten Garut terdapat 24 ribu dan anggaran kebutuhan pegawai pertahun sebesar Rp. 964 milyar, jika setengahnya saja bisa terkumpul 12, 5 milyar terkumpul.

Dalam kesempatan itu pula Bupati Garut dan Wakil Bupati menitipkan Zakat penghasilannya, sebesar 14.650 juta. Bupati Independen ini juga menyatakan bahwa seluruh PNS wajib bayar Zakat melalui UPZIS yang akan dibentuk di masing-masing dinas/instansi di lingkungan Setda Garut.

Ketua BAZ Kabupaten Garut Ropik Azhar, S.Ag, MM mengungkapkan, Zakat yang dikumpulkan dari masyarakat akan dititik beratkan pendayagunaannya pada tiga bidang, yakni kesehatan, pendidikan dan kemanusiaan. Aplikasinya bisa dalam bentuk beasiswa terhadap siswa berprestasi bidang pendidikan bidang kesehatan untuk membantu jaminan kesehatan masyrakat serta bidang ekonimi dengan menggalangkan ekonomi produktif masyarakat.

Mekanisme penyaluran ZIS bisa dilakukan melalui UPZIS Instansi, BAZ Kecamatan, UPZIS Mesjid dan kantor BAZ Kabupaten, atau bisa melalui rekening Bank BJB dan BMI Cabang Garut. Ropik juga menjelaskan ulama, mubaligh, para khotib, penyuluh agama bisa menjadi pelopor penggerak terwujudnya Garut Sadar ZIS. (jun)

1 komentar:

  • yosefhadyan19 says:
    26 Maret 2014 pukul 15.55

    alamat bazis kab garut dimana ya tepatnya? saya orang garut tapi gatau ada bazis di garut..

Posting Komentar

Comment Please!